kenali penyebab ban

Harga Ban Mobil Ring 13 & Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Beli Ban Mobil

Pengguna kendaraan bermotor di Indonesia ini termasuk sangat banyak. Salah satu kendaraan bermotor yang cukup umum digunakan adalah motor dan mobil. Pengguna sepeda motor memanglah pengguna terbanyak, tetapi pengguna mobil di Indonesia juga tidak sedikit. Sebagai pemilik mobil, kamu tentunya perlu untuk memperhatikan komponennya dengan baik. Salah satu jenis komponen yang butuh mendapatkan perhatian adalah ban mobil. Umumnya, ban mobil memiliki ukuran ring 13. Harga ban mobil ring 13 ini juga cukup standar sehingga kamu tinggal pilih mereknya. Tidak hanya itu, beberapa hal ini perlu diperhatikan ketika membeli ban mobil, ya.  

Perhatikan Kegunaan dari Ban Tersebut 

Jenis ban bisa dibilang sangat banyak. Beragam jenis ban itu dibedakan berdasarkan penggunaannya. Artinya, ban untuk mobil pick up berbeda dengan ban untuk mobil biasa. Hanya saja, ban dengan ukuran ring 13 adalah ban yang cukup umum digunakan untuk mobil hatchback dan pick up.  

Biasanya, penanda fungsi dari ban itu bisa dilihat di kode ban. Ada kode ban P215/55R17 93V. Nah, huruf P di depan itu adalah singkatan dari Passenger. Artinya, ban untuk mobil yang mengangkut orang. Lalu, ada tipe LT, ST, dan T. LT adalah singkatan dari Light Truck, ST singkatan dari Special Trailer, dan T adalah singkatan dari Temporary atau ban cadangan. Jadi, pastikan memilih yang sesuai dengan fungsinya itu, ya.  

Perhatikan Pola Ukiran Ban 

Meskipun terlihat sepele, ukiran ban sangat perlu untuk diperhatikan dengan baik. Pola ukuran ini berpengaruh pada daya gesekan dari ban tersebut. Semakin banyak dan dalam motif ban tersebut maka akan semakin minim resiko terjadi selip ketika berkendara. Jadi, pola ukiran ban ini memiliki pengaruh besar pada keselamatan di jalan raya. 

Pola ukiran yang terbaik di masa sekarang adalah ban dengan alur V. Ban dengan pola tersebut adalah jenis pola ban yang sangat cocok dengan cuaca di Indonesia. Harga ban mobil ring 13 dengan pola V biasanya memang lebih tinggi. Hanya saja, keamanan dari ban tersebut sudah sangat terjamin. Pastikan saja ukiran ban tersebut masih baru karena ban lama yang diukir kembali tentunya lebih tipis. 

Perhatikan Ketebalan dari Ban 

Ban yang memiliki ketebalan tinggi biasanya keseimbangan dan performance-nya juga semakin tinggi. Hanya saja, harganya pastinya juga tinggi. Ban yang tipis umumnya memiliki keseimbangan dan performance di bawa rata-rata. Untuk itu, tidak masalah membeli dengan harga tinggi asal ketebalan bannya juga bagus. 

Ban yang memiliki ketebalan bagus biasanya minimal memiliki angka 50. Kalau angka ketebalan di atas itu, maka keseimbangan dan performanya juga semakin tinggi. Ban yang tebal ini umumnya juga lebih tahan lama. Dengan memilih ban yang tebal, kamu pun tidak perlu terlalu sering mengganti ban, ya. Jangan lupa ketika menggantinya itu perhatikan kode pembuatannya karena ban yang baru dibuat tentunya memiliki kualitas karet yang juga lebih baik. 

Jadi, ketika membeli ban, memperhatikan hal-hal di atas itu sangat penting untuk memastikan jenis ban yang dibeli sudah tepat. Harga ban mobil ring 13 yang tinggi biasanya juga menentukan kualitasnya. Hanya saja, jangan hanya melihat harganya karena jenis ban pun cukup beragam. Beli saja di toko resmi supaya kualitasnya terjaga, ya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *