kenali jenis oli mobil

Penyebab Paling Sering Sehingga OIi Bocor Bersama Oli Fastron!

Sebagai pecinta otomotif memilih oli yang tepat untuk mobil pastinya dilakukan demi meningkatkan kenyamanan berkendara. Seiring dengan berkembangnya zaman maka perkembangan oli juga sudah banyak disesuaikan dengan jenis mesin dan penggunaannya. Secara umum selain dari bahan dasar oli sendiri juga dibedakan berdasarkan tingkat kekentalan yang berbeda-beda untuk menyesuaikan dengan bagian mesin mana yang akan dilumasi. Selain memilih oli berkualitas, masih banyak orang yang ternyata mengabaikan kemungkinan terjadinya oli bocor. Adapun oli bocor sendiri bisa disebabkan beberapa hal berdasarkan dari titik kebocoran-nya. Berikut akan dibahas beberapa penyebab oli bocor yang membantu kamu bisa mengantisipasi agar oli kamu tidak bocor. Berikut penyebab paling sering kebocoran oli pada kendaraan.

  1. Ujung Kanan Depan Bagian Bawah Mobil

Jika kamu melihat oli merembes pada bagian ini maka artinya yang rusak adalah bagian seal kompresor. Kamu bisa mengeceknya langsung dan segera memperbaikinya. Umumnya jika bagian ini yang rusak oli yang bocor akan berwarna merah ataupun jernih. Jika kamu tidak segera memperbaikinya bisa jadi pompa power steering-nya akan ikut rusak karena tidak ada yang melumasi.

  • Bagian Tengah Dekat Radiator

Bagian kedua ini biasanya disebabkan oleh seal crankshaft yang bocor. Hal ini dilihat dari warna oli yang tidak masih jernih seperti oli yang pertama masuk. Umumnya kerusakan di bagian ini banyak di alami oleh pengguna mobil RWD. Pastikan untuk segera memperbaikinya jika sudah mengetahui bagian yang rusak, jika tidak bisa jadi mobil akan menimbulkan suara berisik saat digunakan.

  • Bagian Belakang Mesin

Umumnya jika terjadi di bagian belakang biasanya terjadi kebocoran di tempat oli transmisi khususnya pada seal crankshaft. Kebocoran di bagian ini ditandai dengan tingkat kekentalan oli. Jika oli yang keluar encer maka yang rusak adalah bagian mesin, sedangkan jika oli masih kental maka bagian yang rusak adalah sistem transmisi. Jika tidak segera diperbaiki bisa jadi mobil akan kekurangan oli transmisi ataupun oli  mesin sesuai dengan jenis kerusakannya tadi.

  • Belakang Dekat Wheel Drive

Sesuai namanya jika terjadi kebocoran di sekitar wheel drive maka artinya wheel drive mobil kamu ada yang rusak. Umumnya oli yang muncul adalah oli gardan. Untuk permasalahan satu ini pastinya kamu harus cukup aktif untuk segera mengganti karena jika tidak segera diperbaiki bisa jadi menimbulkan kerusakan pada sistem transmisi mobil kamu. Dan jika sampai rusak sistem transmisi maka bisa jadi seluruh bagian mobil akan ikut rusak dan kamu akan menghabiskan banyak biaya.

  • Bagian Roda Gigi Setir

Jika menemukan rembesan pada bagian ini maka artinya kebocoran ada pada bagian kompresor mobil. Segera cek pada bagian kompresor mana yang perlu diperbaiki. Umumnya untuk kebocoran pada kompresor oli yang keluar menyebabkan setir mobil menjadi lebih berat.

Adapun dengan mengenali tempat-tempat kebocoran di atas kamu jadi lebih bisa waspada dan segera memperbaiki bagian-bagian tersebut. Untuk menghindari terjadinya kebocoran maka pastikan untuk melakukan penggantian oli secara rutin untuk sekaligus mengecek kondisi mesin secara berkala. Pastikan juga untuk selalu mengganti oli dengan oli berkualitas untuk membuat mesin menjadi lebih awet dan tahan lama. Salah satu oli berkualitas yang bisa kamu pilih adalah oli Fastron. Kamu bisa mendapatkan oli satu ini yang asli di toko-toko terpercaya ataupun melalui official store. Dan mesin akan awet dengan oli pilihan yang tepat. Berikut penyebab paling sering kebocoran oli pada kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *