yuk mengenal jenis

Yuk Mengenal Jenis Ban Mobil dan Truk! Intip Juga Harga Ban Truk Yang Pas Di Kantong!

Ban adalah salah satu bagian penting bagi kendaraan. Hal ini dikarenakan ban merupakan satu2nya penopang kendaraan yang bersentuhan dengan permukaan jalan, sehingga pemilihan yang sesuai dengan spesifikasi mobil akan membantu kamu lebih aman dan nyaman dalam berkendara. Secara umum ada dua jenis ban truk yang bisa kamu pilih di luar masalah ukuran ban. Berikut akan dijelaskan dua jenis ban dan juga harga ban truk yang bisa kamu jadikan pilihan dalam memilih ban yang tepat untuk truk kesayangan kamu. Yuk mengenal jenis ban truk terbaik.

Ban Tipe Radial  

Ban radial adalah jenis ban yang biasa digunakan untuk kebutuhan angkut ringan. Ban satu ini bukan ban untuk truk tronton yang besar dan berat melainkan untuk truk kecil umum yang sering digunakan untuk mengangkut pasir atau mengangkut hasil panen. Ban tipe satu ini memiliki konstruksi carcass cord di mana ban satu ini membentuk sudut 90 derajat terhadap keliling lingkaran ban. Ban satu ini juga dilengkapi dengan breaker atau yang biasa disebut belt di bagian permukaan untuk membuat ban menjadi lebih kuat saat melintasi jalanan dengan mengangkut beban tertentu. Ban satu ini juga dilengkapi dengan plycord yang dikuatkan dengan kawat logam. Ban satu ini memiliki bagian luar yang cukup flexible terhadap jalan. Hal ini menyebabkan ban satu ini tidak mudah panas karena cukup mudah menyesuaikan diri dengan jalan dan cuaca.  

Ban Tipe Bias 

Ban jenis kedua ini adalah ban diagonal. Dikatakan diagonal karena ban satu ini memiliki kerangka yang disusun dengan sudut kemiringan 45 sampai 55% pada bagian tengah ban. Ban satu ini dikenal kuat dan lebih banyak digunakan untuk truk yang mengangkut beban berat seperti truk tronton. Ban satu ini juga memiliki lapisan luar yang cukup keras dan kuat sehingga mampu menopang beban berat. Ban bias memiliki tingkat ketebalan ban yang cukup kaku sehingga tidak terlalu bisa menyesuaikan dengan kondisi jalan namun memiliki daya tahan yang cukup kuat ketika membawa banyak barang. Ketika menggunakan ban ini suaranya jalanan yang dilintasi dapat lebih diredam dengan ketebalan karet ban sehingga lebih tenang ketika mengendarai truk dengan ban bias. Secara umum harga ban radial dikenal lebih murah dibandingkan ban tipe bias.  

Perbedaan Ban Mobil Dan Ban Truk 

Secara umum mungkin yang terlihat antara ban mobil dan ban truk adalah bentuknya yang sama. Namun jika diperhatikan secara seksama ban truk pastinya memiliki bahan yang lebih tebal dibandingkan dengan ban mobil pada umumnya. Ban mobil umum rata-rata berjenis mirip dengan ban truk radial yang memiliki daya tahan yang tidak terlalu besar. Selain itu perbedaan lain antara ban mobil dan truk adalah ukuran dari ban. Ban truk umumnya memiliki ukuran ban yang lebih besar dibandingkan dengan ban mobil meskipun ukuran mobil dan truknya hampir sama.  

Itu tadi dua jenis ban truk yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan truk. Pastikan untuk memilihnya sesuai dengan jalur yang akan ditempuh dan penggunaan truk secara umum. Jangan sampai salah juga untuk memilih ban untuk mobil dan truk. Dengan begitu kamu bisa dapat ban yang pas dan pastinya awet serta dapat meningkatkan kualitas berkendara kamu. Pilih juga yang harganya sesuai dengan kantong kamu, namun tetap pastikan kualitasnya baik. Yuk mengenal jenis ban truk terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *