selain cek harga

Selain Cek Harga Aki Mobil, Kenali Juga Cara Mengeceknya

Jika membahas soal mobil, terdapat satu komponen vital dari mobil yang berguna sebagai penyedia energi untuk memutar dinamo starter dan menjalankan mesin. Komponen tersebut adalah accumulator atau yang akrab disebut aki. Aki mobil adalah baterai yang ada pada kendaraan yang berperan menyediakan dan menyimpan daya untuk kebutuhan energi listrik antara lain dinamo starter, lampu sampai dengan sistem elektrik mobil. Tidak heran kalau komponen vital ini bisa menjamin kenyamananmu saat berkendara. Selain cek harga akinya, ketahui juga cara melakukan perawatan pada aki mobil agar awet.

Dalam dunia otomotif, aki mobil umumnya dikenal memiliki dua jenis aki, yaitu aki mobil kering dan aki mobil basah. Namun sebenarnya, aki memiliki dua kelompok yakni low maintenance  dan free maintenance. Perbedaan antara kedua aki tersebut berada pada komponen bagian yang ada di dalamnya. Kebanyakan seluruh aki mobil saat ini masih menggunakan cairan yang sama yaitu rangkaian kimia atau yang sering dikenal sebagai asam sulfat.

Aki memiliki dua jenis, yaitu aki basah dan aki kering. Aki basah pada mobil membutuhkan perawatan yang ekstra. Berbeda dengan aki kering yang tidak perlu melakukan perawatan rutin. Pada aki basah ini dibutuhkan perawatan yang dilakukan secara berkala. Hal ini disebabkan karena aki basah ini menggunakan cairan elektrolit dengan jumlah yang akan berkurang seiring dengan penggunaanya.

Aki basah membutuhkan perawatan khusus yang mana jika tidak dilakukan perawatan, aki basah ini lama kelamaan akan berkurang dan membuat aki mobil soak. Seperti yang sudah diketahui bahwa aki mobil merupakan sumber listrik yang bisa digunakan untuk menyuplai daya ke beberapa komponen kelistrikan yang ada di mobil.

Selain mengecek harga aki mobil, terdapat beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan aki mobilmu. Yuk, simak cara mengeceknya di bawah ini.

  1. Mobil Sering Mogok

Teruntuk kamu yang memiliki mobil pribadi, pasti kamu sudah mengetahui bahwa aki mobil mempunyai massa waktu tertentu. Kalau aki mobil sudah digunakan beberapa tahun biasanya 4 sampai 5 tahun saat pertama kali pemakaian. Biasanya aki mobil sudah mulai ngadat karena penggunaan dan kondisi aki yang sudah mulai menurun. Biasanya ditandai dengan seringnya mobil tersebut mogok.

  • Mesin Susah Dihidupkan

Tanda-tanda aki sudah mulai habis adalah ketika kamu sudah  mulai susah menghidupkan mesin, bahkan dalam kondisi paling buruk, saat menyalakan tidak bisa berbunyi sama sekali saat kontak mobilmu diputar. Dalam kondisi aki normal, listrik dari aki bisa mengalir ke dinamo starter mobil sehingga mesin bisa dinyalakan.

  • Memperhatikan Lampu Peringatan di Dasbor

Ketika memutar kontak dalam kondisi aki yang normal, maka lampu-lampu indikator bisa menyala. Sebaliknya, kalau aki dalam kondisi lemah, lampu indikator menjadi redup dan bahkan mati, maka ini bisa menjadi cara untuk mengecek aki.

  • Melemahnya Suara Klakson

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui kondisi aki adalah dengan cara membunyikan klakson. Tekan dan tahan klakson, selanjutnya putar kontak ke posisi starter. Kalau aki lemah, maka bisa mengakibatkan suara klakson tersebut melemah atau bahkan tidak bisa bersuara sama sekali.

Kalau kamu sudah melakukan semua cara tersebut dan menunjukkan tanda-tanda yang dijelaskan di atas, maka bisa dipastikan bahwa aki mobilmu sudah lemah dan saatnya kamu mulai mengecek aki mobilmu. Buat kamu yang ingin membeli aki, alangkah baiknya kamu memilih merek aki yang terbaik supaya lebih tahan lama. Selain cek harga akinya, ketahui juga cara melakukan perawatan pada aki mobil agar awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *