kelebihan mobil matic

Cara Mundur di Tanjakan dengan Mudah

Bagi para pengemudi yang masih belum berpengalaman, menyetir dalam kondisi tanjakan adalah hal yang cukup sulit untuk dilewati. Pasalnya medan tanjakan membutuhkan beberapa teknik ataupun trik-trik khusus yang mungkin saja belum dikuasai caranya sama sekali. Tidak hanya pada proses menyetir saja, cara mundur di tanjakan juga sering kali menjadi hal yang dirisaukan oleh para pengemudi.

Sebenarnya, dengan sedikit latihan saja masalah tanjakan bisa diatasi dengan mudah. Namun terkadang tidak semua pengemudi bisa menguasai teknik berkendara dengan cepat. Apalagi beberapa mobil ada yang memiliki bagian mesin berbeda-beda sehingga cukup sulit untuk memahaminya. Nah, tidak perlu gugup, berikut ini ada beberapa cara agar bisa mundur dengan sempurna saat berada di tanjakan.

Coba Praktikkan! Begini Cara Mundur di Tanjakan yang Aman

  1. Perhatikan Tingkat Kemiringan Tanjakan

Hal pertama yang perlu diperhatikan terkait cara mundur di tanjakan adalah melihat kondisi jalan atau tanjakan yang akan dilewati. Pastikan dulu tingkat kemiringannya agar kamu tidak kelabakan ketika tiba-tiba sudah mendekati tanjakan tersebut. Jika tanjakan tidak terlalu ekstrim, gunakan saja persneling sedang. Namun, saat tanjakan sangat ekstrem, lebih baik gunakan gigi rendah.

  1. Cek Kapasitas di dalam Kendaraan Aman

Cara mundur di tanjakan juga harus dikaitkan dengan kapasitas di dalam kendaraan. Alasannya, semakin berat kapasitas kendaraan, maka proses mundur juga akan semakin sulit, apalagi ketika beban di bagian belakang lebih besar dibandingkan yang di depan. Untuk itu, akan lebih efektif apabila kamu tidak hanya mengatur masalah beban di dalam kendaraan, tetapi juga posisi duduk yang seimbang.

  1. Imbangi dengan Rem Kaki

Setelah memperhatikan tingkat kemiringan tanjakan dan kapasitas di dalam kendaraan, cara mundur di tanjakan yang selanjutnya adalah dengan mengimbangi rem kaki. Dalam kondisi ini, pengereman kaki adalah hal yang sangat penting karena apabila tidak mampu dikuasai dengan baik akan sangat sulit untuk mengontrolnya. Oleh karena itu, sebelum bepergian pastikan sudah mengecek setiap bagian mesin secara maksimal.

  1. Kuasai Teknik-teknik Mengemudi

Jika kamu adalah seorang pengemudi pemula, sangat penting untuk menguasai teknik-teknik mengemudi dengan baik. Apalagi untuk bisa menguasai teknik mundur di tanjakan kamu tidak bisa mengandalkan kemampuan mengemudi yang hanya biasa-biasa saja. Untuk itu, pastikan kamu sudah menguasai teknik pengereman, mengontrol gas, dan sebagainya dengan baik.

  1. Buka Kopling Secara Keseluruhan

Hal yang kadang masih sering dilewatkan oleh para pengendara adalah membuka bagian kopling secara keseluruhan. Kebanyakan masih lupa atau kadang tidak sadar apabila hanya membuka kopling sebagian, padahal hal itu justru bisa membuat kopling menjadi selip atau bahkan habis. Setelah membuka kopling secara keseluruhan, cara mundur di tanjakan pasti bisa kamu lewati dengan sangat mudah.

  1. Yakin dalam Mengemudi

Ketika seseorang merasa gugup, otomatis konsentrasinya tidak akan bisa fokus penuh. Hal ini juga bisa terjadi ketika kamu masih merasa takut melewati medan tanjakan. Saat tingkat kemiringan tanjakan sudah dipastikan dengan baik, kamu hanya perlu percaya diri saat mengemudi. Tidak perlu merasa gugup atau khawatir tentang hal yang belum tentu terjadi karena itu semua hanya membuat proses menyetir menjadi terganggu.

Nah, itulah beberapa cara mundur tanjakan yang bisa kamu perhatikan dan persiapkan sebelum berangkat mengemudi. Tanpa persiapan dan memahami teknik-teknik mengemudi yang benar, kamu sudah pasti akan kesulitan menghadapi berbagai medan yang ada di jalanan. Untuk itu, daripada kesulitan di tengah jalan, lebih baik mempersiapkannya dulu dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *