tips berkendara jarak jauh

Tips Berkendara Jarak Jauh Sendirian Bagi Pemula

Harus berkendara dengan mobil dalam jarak jauh dan harus sendirian pula? Kalau ini yang pertama kalinya buatmu, pasti ada beberapa kekuatiran yang cukup membebanimu. Yuk simak tips berkendara jarak jauh untuk kamu yang masih pemula.

Jika benar-benar tidak bisa dihindari, maka ada beberapa tips yang harus dilakukan agar berkendara sendiri dalam jarak jauh bisa tetap aman, nyaman dan lancar. Simak tipsnya di bawah ini.

Cek Kondisi Kendaraan

Yang paling penting saat akan berkendara jauh adalah kondisi kendaraan. Pastikan mobilmu berada dalam kondisi prima agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di tengah perjalanan. Beberapa hal yang wajib dicek adalah:

1. Oli

Pastikan volumenya cukup dengan menggunakan stik oli. Jika berada di garis L atau setidaknya sedikit di bawah garis F, maka masih aman. Tapi jika di bawah itu, maka tambahkan secukupnya.

2. Air Radiator

Pastikan air radiator dalam keadaan penuh. Lalu sekalian cek kondisi selang radiator, bila terdapat retakan atau menggelembung maka sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Hal ini untuk menghindari selang pecah atau rusak di tengah jalan. Pastikan juga sambungannya tertutup rapat agar tidak terjadi kebocoran.

3. Selang Bensin

Pastikan selang bensin dan filter bensin juga dalam keadaan baik, tidak retak atau bocor, dan filter tidak tersumbat.

4. Aki

Pastikan aki mobil dalam keadaan bersih dari kerak dan kotoran. Level air aki juga harus cukup untuk perjalanan jauh. Jika dirasa kurang, tambahkan dengan air aki murni.

5. Rem

Periksa volume oli rem apakah cukup atau tidak. Pastikan juga kampas rem bersih dan tidak ada kotoran yang melekat. Selain itu, kampas rem juga ketebalannya harus masih layak untuk digunakan dalam perjalanan jauh.

Selain kelima hal di atas, hal-hal yang harus diperiksa kondisinya adalah ban mobil, lampu mobil apakah bekerja dengan baik di malam hari, wiper untuk membersihkan jendela dari air hujan, dan lain-lain.

Tidur yang Cukup

Bukan hanya kondisi mobil yang harus diperhatikan, kondisi pengemudi pun harus dijaga. Istirahat yang cukup sehari sebelum melakukan perjalanan, sehingga di tengah jalan tidak mudah mengantuk dan bisa tetap berkonsentrasi dengan baik.

Posisi Mengemudi yang Aman dan Nyaman

Menyetir dalam jarak dekat maupun jauh membutuhkan posisi yang nyaman. Karena itu, sebelum mulai berkendara pastikan posisimu sudah nyaman. Dapat melihat melalui spion belakang dan spion samping dengan jelas dan leluasa, posisi kaki juga nyaman.

Bawa Bekal yang Cukup

Melakukan perjalanan sendiri artinya kamu harus mengurus diri sendiri dalam segala hal. Pastikan membawa bekal yang cukup selama perjalanan. Contohnya seperti minuman yang cukup, makanan kecil, dan yang tak kalah penting adalah obat-obatan yang kira-kira kamu butuhkan selama perjalanan.

Siapkan Musik Favorit dan Akses Internet yang Lancar

Untuk menemani perjalanan sendirian, musik akan sangat berguna agar kamu tidak bosan. Radio di setiap kota akan berbeda-beda, karena itu pada suatu jarak maka frekuensinya akan hilang.

Cara paling mudah adalah mendengarkan musik dari aplikasi musik. Karena itu dibutuhkan akses internet yang lancar. Mendengarkan musik favorit akan menghindarkanmu dari rasa bosan dan kantuk.

Istirahat Sesaat Jika Sudah Terlalu Lelah

Manfaatkan rest area jika kamu melewati jalan tol. Jika terasa sudah sangat lelah dan tidak bisa melanjutkan perjalanan, istirahatlah sesaat. Jangan lupa ke sempatkan ke toilet juga agar kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan lebih nyaman.

Perjalanan jauh sering kali menjadi momok untuk kamu, tapi coba kamu ikuti tips di atas. Semoga bisa bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *