tips belajar mobil manual

Tips Belajar Mobil Manual Mudah Dilakukan!

Mobil menjadi salah satu kendaraan pribadi yang menarik untuk dipelajari. Bagi kamu yang belum bisa mengendarai mobil dan ingin belajar menyetir, ada baiknya kalau kamu mulai dengan mobil manual. Kalau kamu sudah mahir menggunakan mobil manual, pastinya kamu akan mudah untuk belajar mobil matic karena mobil matic tidak serumit mobil manual. Yuk simak tips belajar mobil manual yang mudah untuk dipraktekkan.

Namun banyak sekali orang yang menyerah saat belajar mengendarai mobil manual. Alasannya adalah mobil manual dianggap susah untuk dikendarai. Terutama saat kamu harus menyeimbangkan injakan kakimu pada pedal kopling dan pedal gas. Padahal kalau kamu coba belajar benar-benar, mengendarai mobil manual tidak sesulit yang kamu bayangkan kok. Kalau kamu penasaran, kamu bisa cek tips belajar mobil manual di bawah ini!

Tips Belajar Mobil Manual Untuk Kamu yang Pemula

Terdapat beberapa tips belajar mobil manual yang bisa kamu ikuti. Tips ini bisa membantumu belajar mengendarai mobil manual dengan lebih cepat.

1. Kenali Fitur Pada Mobil Manual

Hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan sebelum mulai belajar menyetir mobil manual adalah mempelajari seluruh fitur mobil manual. Pasalnya, setiap merek mobil manual memiliki fitur yang berbeda-beda. Misalnya, ada mobil dengan tuas lampu sign yang berada di sebelah kanan kemudi sedangkan pada merek lain terdapat pada sebelah kiri kemudi.

Hal-hal seperti inilah yang harus kamu pelajari sebelum belajar menyetir. Hal ini dilakukan agar kamu tidak bingung saat belajar mengendarai mobil manual. Perhatikan juga fungsi tombol lampu hazard, klakson, rem tangan, dan lainnya. Selain itu, hafalkan posisi perpindahan persneling atau gigi mobil. Selain menghafalkan fungsinya kamu juga harus menghafalkan cara memindah gigi. Misalnya dari posisi netral ke angka 1 sampai 5 atau ke posisi “R” untuk membuat mobil mundur.

2. Belajar Untuk Menyeimbangkan Pedal Kopling dan Gas

Hal kedua yang bisa kamu lakukan adalah menyeimbangkan pedal kopling dan gas. Keseimbangan antara injakan pedal gas dan kopling merupakan kunci kelancaran mengemudikan mobil manual. Saat kamu mau menjalankan mobil dari posisi parkir, tempatkan kaki kiri pada pedal kopling dan kaki kanan pada pedal rem. Pastikan tangan kirimu siaga di tuas rem tangan. Selanjutnya turunkan rem tangan sambil melepas injakan pada peda kopling secara bersamaan. Lepaskan juga kaki kanan dari pedal rem.

Lakukan secara perlahan hingga kamu merasakan mobil mulai bergerak. Rasakan pergerakan mobil lalu injak pedal gas perlahan. Mungkin di awal kamu belajar mesin mobil akan sering mati mendadak karena pelepasan pedal kopling dan penginjakan pedal gas tidak seimbang. Namun itu adalah hal yang wajar. Kamu hanya perlu mengulang-ngulang teknik ini hingga terbiasa.

3. Berlatih Memutar Kemudi

Setelah kamu sudah terbiasa menyeimbangkan kopling dan gas, kamu sekarang bisa fokus untuk mengontrol kemudi. Untuk mengontrol kemudi, kamu harus fokus untuk memperkirakan gerak ban. Hal ini dilakukan agar mobil tidak belok terlalu melebar atau kurang berbelok. Kamu bisa melakukan latihan memutar kemudi ini di lapangan terbuka atau di jalanan perumahan yang tidak banyak kendaraan lalu lalang. Ketika ingin berbelok, putarlah kemudi secara halus.

Rasakan pergerakan ban ketika mobil mulai menikung atau berbelok. Kalau kamu rasa kurang membelok, tambah putaran setirnya. Kalau mobil sudah hampir sejajar dengan garis jalan, putaran kemudi kembali ke arah berlawanan. Lakukan hal ini sampai kamu mahir.

Mudah sekali bukan? Jadi sudah siap untuk belajar mengendarai mobil manual?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *