cara mengendarai mobil matic

Cara Mengendarai Mobil Matic Aman Untuk Pemula

Di zaman sekarang, masyarakat banyak yang lebih memilih mobil matic supaya nggak capek saat mengendara di jalanan yang macet. Beberapa orang masih ragu untuk mengendarai mobil matic karena tidak tahu cara yang benar. Hal ini dikarenakan karena masih banyak orang yang belum memahami cara kerja dari mobil matic tersebut. Padahal di zaman ini, mobil matic sudah banyak digemari masyarakat kita.

Hal ini dikarenakan mobil matic dianggap lebih gampang dan nyaman ketika dibawa. Meskipun dikatakan bahwa mobil matic jauh lebih gampang, namun masih banyak yang belum memahami cara mengendarai mobil matic dengan aman dan benar. Berikut adalah cara mengendarai mobil matic bagi kamu yang baru belajar.

  1. Menjaga Konsentrasi

Menjaga konsentrasi sangat penting dalam mengendarai mobil matic di jalanan. Ketika sedang berada di jalanan, tetaplah konsentrasi mengendarai mobil. Saat kamu sedang mengendarai kendaraan, perhatikan keadaan sekitar lewat spion.

  • Memahami Posisi dan Urutan Tuas

Hal paling penting yang harus kamu pahami sebagai pemula ketika menggunakan mobil matic adalah memahami urutan tuas. Biasanya tuas di mobil matic memiliki barisan kombinasi huruf dan angka. Kalau kamu berkendara di dalam kota, biasanya melaju dengan kecepatan normal dan jalur yang dilewati nggak terlalu macet, kamu sebaiknya memilih untuk menggunakan D.

Ketika berada di traffic light kurang dari 20 detik, sebaiknya kamu berpindah ke posisi netral dengan huruf N. kalau kamu ingin memindahkan tuas ke posisi D, sebaiknya terlebih dahulu kamu menginjak pedal rem supaya mobil nggak nggak melaju kencang tanpa kendali. Kalau kamu sedang berada di tanjakan, pastikan bahwa tuas transmisi ini ada di L supaya tarikan mobil lebih smooth.

Biasanya mobil matic memiliki tombol kecil yang ketika ditekan, maka pada layar speedometer bisa muncul tulisan berwarna kuning. Fitur hold ini gunanya untuk penguncian posisi gigi. Tombol ini bisa kamu operasikan saat posisi berada di D. Fitur ini akan mengunci di gigi 2 dan 3 dan dapat menghemat bahan bakar.

  • Mengenali Fitur Mobil

Kamu nggak cukup hanya tahu soal perpindahan tuas, tetapi juga harus mengenal banyaknya fitur mobil yang kamu gunakan. Kamu harus mengetahui dimana letak lampu sign. Kalau kamu sampai nggak tahu tentang dimana fitur mobil yang kamu bawa, maka kamu harus mengetahui letak lampu sign. Hal ini akan berbahaya bagi orang lain saat mengendarai mobil di jalanan raya.

  • Tidak Perlu Panik

Kesalahan yang seringkali dilakukan ketika mengendarai mobil matic adalah seringkali panic. Kamu nggak seharusnya khawatir ketika membawa mobil. Seringkali saat memindahkan transmisi dan saat menginjak pedal gas dan rem. Ada beberapa kecelakaan kasus mobil matic dikarenakan salah dalam menginjak pedal rem dan mesin. Yang paling utama dalam mengendarai mobil matic dengan aman dan benar adalah dengan hati-hati dan selalu memperhatikan keadaan di sekitar kendaraanmu.

  • Memahami Pergerakan Mobil

Kamu juga harus memahami pergerakan mobilmu. Sebagai seorang pengemudi, kamu harus benar-benar memahami pergerakan kendaraan yang kamu bawa. Ketika kamu akan belok, roda kemudi tentu harus diputar.

  • Menjaga Jarak

Saat kamu mengendarai mobil matic, kamu juga perlu menjaga jarak dengan kendaraan lain agar terhindar dari tabrakan. Karena seringkali banyak yang salah dalam menginjak pedal, maka ditakutkan apabila kurang menjaga jarak bisa mengakibatkan tabrakan yang luar biasa.

Nah, itulah beberapa cara mengendarai mobil matic yang perlu kamu ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *