cara mengendarai mobil manual

Cara Mengendarai Mobil Manual yang Benar

Setiap orang memiliki selera masing-masing dalam hal memilih kendaraan pribadinya, terlebih untuk memudahkan kepentingannya sehari-hari. Selera ini biasanya didasarkan atas pertimbangan yang beragam, seperti dari segi kebutuhan maupun sekedar keinginan. Begitu pun pada saat memilih mobil sebagai kendaraan pribadimu, pastinya kamu mempertimbangkan berbagai hal. Lebih mengutamakan kegunaan atau kepentingan atau pada style. Apalagi saat ini mobil sudah tersedia dengan beragam pilihan. Secara umum ada dua tipe mobil yaitu manual dan matic. Kedua-duanya dirancang dengan kelebihan masing-masing. Cara mengemudikannya pun juga berbeda. Simak cara mengendarai mobil manual yang benar yuk agar perjalanan tetap nyaman.

Dalam mengendarai mobil manual khususnya ada beberapa hal yang perlu kamu pahami. Terlebih pada pantangan atau larangan apa saja yang harus kamu hindari pada saat mengendarai mobil manual. Hal ini penting untuk menjaga keselamatan serta keamanan pada saat berkendara. Jika sampai salah langkah sedikit saja pada saat mengendarai mobil tentu akan membuatmu tidak nyaman, dan yang paling parah akan membahayakan keselamatan. Tentunya kamu tidak menginginkan hal seperti itu bukan? Maka dari itu, perhatikan larangan-larangan pada cara mengendarai mobil manual berikut ini.

Larangan Pada Cara Mengendarai Mobil Manual

Masing-masing tipe mobil pasti memiliki perbedaan pada setiap pirantinya. Pun pada pengoperasiannya. Untuk itu, kamu harus tahu dengan pasti apa tipe mobilmu. Jika kendaraan pribadimu dengan tipe mobil manual ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan pada saat mengendarainya. Agar kamu dapat berkendara sesuai dengan SOP mobilmu, perhatikan larangan apa saja pada cara mengendarai mobil manual berikut ini.

  • Terlalu Berpacu pada Pedal Rem

Rem memang berperan penting untuk memberhentikan laju mobil kamu. Namun, jika kamu hanya mengandalkan fungsi rem saja pada saat menghentikan mobilmu juga akan membuat rem mobilmu cepat aus atau rusak.  Untuk mengurangi beban rem mobilmu, kamu juga boleh banget lho memanfaatkan piranti engine brake pada mobilmu, selain membantu mengurangi beban pada rem juga akan sangat bermanfaat untuk menghemat bahan bakar.

  • Terlalu Mengandalkan Gas untuk Menambah Kecepatan

Fungsi gas memang untuk membuat mobil mau berjalan, jika kamu menambah injakan gas juga akan membuat mobil berjalan lebih cepat. Namun, menambah kecepatan dengan hanya mengandalkan gas ini tidak bagus untuk mesin mobilmu dalam jangka Panjang. Bahkan jika kamu menginjak gas sampai mentok, tentunya itu harus kamu hindari. Jika kamu ingin menambah kecepatan mobilmu lebih baik gunakan gigi mobilmu dengan cara menaikkannya.

  • Menekan Kopling pada Saat Melakukan Pengereman

Apakah kamu masih sering menekan kopling pada saat mengendarai mobil manual? jika iya, sebaiknya jangan lakukan itu lagi. Sebenarnya hal ini tidak perlu, bukan untuk membuat pengereman aman dan benar, malah akan membuat beban rem mu semakin berat. Jika sudah demikian maka lama kelamaan mesin mobilmu juga akan cepat bobrok. Dan perlu kamu ketahui bahwa fungsi utama kopling itu sendiri adalah menghentikan koneksi antara transmisi dan mesin, jadi sangat tidak tepat untuk fungsi pengereman itu sendiri.

  • Menjalankan Transmisi secara Sembarangan

Dalam mengatur kecepatan mobil hal yang perlu kamu lakukan adalah menyesuaikannya dengan gigi mobilmu sehingga mobil berjalan dengan halus dan nyaman. Bukan dengan menggunakan transmisi secara berlebihan. Gigi disetting memang untuk mengatur kecepatan sesuai yang kamu inginkan. Akan sangat salah kaprah jika kamu mengandalkan transmisi untuk mengatur kecepatan, yang ada malah akan membuat bahan bakar mobil semakin boros.

Larangan-larangan yang telah diuraikan di atas tidak hanya bagus untuk keselamatan kamu saat berkendara. Tetapi juga baik untuk menjaga keawetan mesin serta hemat bahan bakar. Sehingga dengan selalu memperhatikan pantangan-pantangan tersebut berkendara akan lebih aman juga hemat biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *