audio mobil awet

Audio Mobil Awet Dengan Terapkan Tips Ini

Ketika kamu memutuskan untuk mempunyai mobil tentu akan disertai dengan tanggung jawab untuk merawatnya. Mobil yang tidak pernah dirawat tentu akan mempengaruhi performa mesin maupun fitur yang ada di dalamnya. Umumnya memiliki mobil harus rutin merawat mobil dengan cara menservis di bengkel resminya. Servis yang dilakukan secara rutin juga menjadi record yang dibutuhkan ketika nantinya mobil akan dijual. Perawatan mobil tak hanya berpaku pada mesin dan tampilan luarnya, namun juga untuk beberapa fitur yang ada di dalamnya. Yuk simak agar audio mobil kamu tetap awet.

Fitur yang paling umum untuk diperhatikan pada mobil yaitu audio mobil. Audio mobil adalah perangkat yang digunakan oleh pengguna mobil. Audio ini hampir di pasang untuk semua jenis dan tipe mobil. Audio biasanya menjadi penghibur ketika terjadi kemacetan ataupun melakukan perjalanan jauh. Dengan adanya audio ini kamu tidak akan merasa bosan ketika melakukan perjalanan jauh atau menghabiskan waktu di tengah kemacetan. Musik atau radio yang bisa didengarkan pada audio ini akan menjadi penghibur yang cukup efektif.

Namun, banyak yang belum memperhatikan cara perawatan audio yang benar. Audio yang tidak pernah diperhatikan kondisinya tentu akan mudah rusak ataupun menimbulkan suara yang tidak enak untuk didengar. Merawat audio mobil tidaklah sulit, kamu hanya perlu memperhatikan beberapa hal utama agar audio tetap dapat bekerja secara optimal.

Cara Merawat Audio Mobil Agar Tetap Dalam Kondisi Baik

Audio mobil merupakan fitur dalam mobil yang wajib untuk diperhatikan bagi pemilik mobil. Fungsi dari fitur yang cukup penting dalam mobil menjadi alasan yang tepat untuk merawat kondisi dari audio. Bagi kamu yang baru mempunyai mobil dan belum mengetahui cara perawatan audio mobil yang benar dapat membaca cara-cara berikut.

  1. Mematikan Audio Sebelum Mesin Mobil Dimatikan

Cara perawatan pertama yang paling mudah dilakukan adalah dengan mematikan audio pada mobil terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil. Ketika kamu terlalu sering mematikan mesin sebelum audio tentu itu menjadi alasan audio berumur pendek. Ketika sistem audio pada mobil tetap menyala dan mesin mobil telah mati maka secara otomatis audio akan menyala bersamaaan dengan mesin mobil ketika di starter. Apabila hal ini sering terjadi maka sistem akan mendapat tegangan yang berasal dari aki dalam jumlah yang kurang stabil. Tegangan tersebut nantinya akan membuat komponen yang ada di dalam mobil menjadi rusak.

  1. Menggunakan CD Original

CD yang digunakan pada audio juga berpengaruh terhadap umur dari audio. CD yang berkualitas tinggi akan berpengaruh terhadap kinerja optic yang berada pada player audio. Kualitas audio yang kurang baik biasanya berasal dari penggunaan CD bajakan. CD bajakan juga akan membuat perangkat bekerja lebih keras sehingga audio akan lebih mudah rusak.

  1. Membersihkan Debu Head Unit

Bagi kamu yang ingin memiliki audio dengan waktu yang lama maka jangan malas untuk membersihkan debu yang ada pada head unit. Kamu perlu memperhatikan celah-celah yang tidak terlihat sehingga debu tersebut tidak akan menyumbat audio ataupun merusaknya.

  1. Mengatur Komposisi Bass, Trible, Middle Secara Teratur

Mengatur equalizer yang ada pada audio merupakan cara perawatan yang cukup menarik. Equalizer ini digunakan untuk menyesuaikan suara yang akan diterima oleh telinga. Kombinasi yang baik antara bass, midle, serta trible akan menghasilkan suara dengan kualitas tinggi sehingga enak untuk didengar.

Itulah tips dan trik dalam menjaga agar audio mobil tetap dalam kondisi awet, jangan sampai melakukan kelalaian ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *