tips perawatan speaker mobil

Tips Perawatan Speaker Mobil Agar Suara Jernih

Merawat speaker mobil agar kualitas suara menjadi jernih tentu menjadi prioritasmu yang hobi mendengarkan musik saat sedang mengendarai mobil. Suara yang jernih tanpa ada gangguan apapun akan jauh lebih menarik. Speaker mobil merupakan perangkat mobil yang menjadi hiburan untuk menghilangkan rasa bosan ketika dalam perjalanan. Dengan adanya perangkat suara berkualitas bagus akan jauh lebih nyaman didengar di telingamu. Kamu yang memiliki mobil tentunya harus menjaga kualitas suara supaya bisa menjadi lebih baik. Yuk simak tips perawatan speaker mobil kesayangan kamu.

Salah satu kegunaan perangkat ini adalah menghilangkan rasa jenuh saat macet. Mendengarkan musik juga akan menambah staminamu, apalagi saat melakukan perjalanan jauh. Mobilmu yang tadinya nggak ada speakernya pun ingin memasangnya. Setelah sudah memasangnya di mobil, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah merawat speaker mobil agar kualitas suara menjadi jernih. Berikut adalah beberapa tipsnya untuk kamu.

  1. Membersihkan Secara Rutin

Debu adalah musuh utama speaker mobil. Namun, menghindari debu merupakan hal yang terdengar mustahil. Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan penyedot debu untuk bisa membersihkan bagian-bagian dari perangkat audio ini. Kamu jangan sampai membiarkan debu menumpuk pada perangkat-perangkat ini.

Hal ini dapat mempengaruhi kualitas suara. Jangan menggunakan air maupun lap basah saat membersihkan speaker. Kamu cukup menggunakan lap kering maupun kuas untuk membersihkannya.

  • Perhatikan Kelembaban

Selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah soal kelembaban. Kelembaban yang tinggi nggak bagus untuk perangkat audiomu. Yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyimpan perangkat audio di lingkungan iklim yang sejuk. Perangkat-perangkat ini nantinya nggak akan menjadi lembab.

Nantinya kalau kamu berniat untuk menggunakan perangkat ini di luar, kamu harus memastikan untuk melindungi perangkat-perangkat ini dari hujan. Percikan-percikan air ini dapat merusak bass internal yang nantinya bisa menyebabkan karat di bagian dalam.

  • Lepas Kabel Kalau Nggak Lagi Digunakan

Untuk sebagian besar orang seringkali memberikan kabel power speaker yang terhubung di stop kontak. Tanpa kamu sadari hal ini yang seringkali menjadikan perangkat ini mudah rusak. Oleh karena itu, sebaiknya kamu melepaskan kabel power apabila perangkat audio ini sudah nggak digunakan selama berhari-hari. Selain untuk membuat kualitas perangkat ini tetap baik, hal ini tentu bisa menghemat konsumsi listrik.

  • Perhatikan Suhu Ruangan

Suhu ruangan pasti akan sangat berpengaruh dengan kualitas suara. Pada sebuah perangkat audio, persoalan menyimpan maupun menggunakan perangkat audio dalam lingkungan yang panas ini bisa menurunkan kualitas suara dan mempengaruhi ketahanan dari perangkat audio. Maka dari itu, tempatkan lah perangkat audio di ruangan yang sejuk dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

Hal ini lah yang senantiasa harus kamu perhatikan. Ruangan dengan kelembaban yang tinggi nggak baik buat perangkat audio. Kalau kamu terpaksa harus menggunakannya di luar ruangan, pastikan kamu bisa melindunginya dari berbagai macam hal yang bisa merusaknya.

  • Perhatikan Spesifikasi Speaker

Terakhir, jangan lupa untuk selalu memperhatikan spesifikasi dari perangkat audiomu. Hal ini perlu kamu perhatikan untuk mengetahui kualitas dari perangkat audio yang kamu gunakan. Spesifikasi berguna untuk mengetahui karakter dari perangkatmu itu sendiri. Hal lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah soal daya. Hal ini penting buat kamu yang menggunakan speaker dan power unit yang berbeda daya. Sebaiknya gunakanlah power unit dengan selisih daya yang lebih kecil dibandingkan dengan daya dari speakernya.

Nah, sekarang kamu sudah mulai tahu kan tips perawatan speaker mobil dengan benar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *