aksesoris audio mobil

Aksesoris Audio Mobil & Tips Merawatnya

Bagi kamu pemilik mobil, tentu sangat menyadari pentingnya kehadiran aksesoris audio mobil. Kehadiran aksesoris audio inilah yang nantinya bisa memberikan hiburan untuk kamu yang ingin melepas penat, jenuh serta stress saat mengendarai mobil melewati jalanan yang macet. Apalagi jika melewati jalan yang macet itu menjadi rutinitas sehari-harimu. Namun, selain dijadikan sebagai sarana hiburan, tentunya komponen dari speaker mobilmu berperan penting untuk memberikan pengalaman mendengar yang menyenangkan.

Maka dari itu, speaker mobil sudah seharusnya dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris audio yang mumpuni. Membahas soal tentang aksesoris audio mobil, maka nggak lepas dari yang namanya amplifier yang berguna untuk menjadikan suara yang kamu dengar tersebut jernih dan jauh dari distorsi. Maka dari itu kamu perlu memberikan perawatan yang bagus pada aksesoris audio mobil. Berikut adalah cara membersihkannya yang perlu kamu ketahui.

  1. Membersihkannya dengan Vacum Cleaner

Cara utama yang bisa kamu lakukan agar kebersihan dari power amplifier mobilmu adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Namun jangan berpikir vacuum cleaner dengan ukuran yang besar, yang dimaksud adalah vacuum cleaner dengan ukuran kecil yang berguna untuk membersihkan kotoran pada power amplifier. Kamu bisa membersihkannya dengan hati-hati dan merata supaya nggak merusak amplifier tersebut dan jangan sampai meninggalkan sisa. Dengan adanya bantuan vacuum cleaner tersebut, maka aktivitas pembersihan ini akan aman dan nggak sampai merusak bagian-bagian lainnya.

Khusus celah yang sulit dibersihkan, kamu bisa menggunakan kain khusus yang bertekstur lembut. Selain itu, hal penting lainnya yang perlu kamu ketahui adalah jangan sampai kamu membuat bagian tweeter rusak ya, karena akan berpengaruh juga pada kabel. Maka dari itu, kehati-hatian sangat perlu dijaga saat membersihkan bagian ini. Membersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner sangat membantumu karena kamu hanya perlu menyalakannya dan otomatis alat tersebut akan berusaha menyedot debu serta kotoran yang dapat merusak kualitas dari suara yang dihasilkan oleh speaker.

  • Gunakan Kain Khusus

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan bagian amplifier adalah dengan menggunakan kain khusus. Membersihkan kotoran dengan menggunakan kain khusus ini memang nggak secepat dan sepraktis vacuum cleaner, namun buat kamu yang nggak punya vacuum cleaner bisa memilih kain untuk membersihkan power amplifier. Namun, jangan menggunakan kain sembarangan, kalau bisa pilihlah kain yang memiliki tekstur lembut. Kamu juga perlu mengingat untuk nggak menggunakan kain yang basah karena dapat berpotensi masuk ke dalam power amplifier dan menjadikannya rusak.

Jadi, gunakan kain yang kering dan bersih. Kalau tweeter yang ada pada audio mobil ini memiliki tekstur yang lembut, tetap gunakanlah gerakan yang pelan agar tidak sampai merusak bagian-bagian komponen yang rentan.

  • Gunakan Kuas yang Halus

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan dengan menggunakan kuas yang halus. Cara ini dapat kamu lakukan untuk membersihkan power amplifier. Kamu bisa membersihkan debu secara merata serta bisa menjangkau bagian-bagian yang sulit terjangkau. Apalagi kalau bulu-bulu kuas yang kamu pakai tersebut memiliki tekstur yang lembut. Menggunakan kuas juga dinilai lebih mudah daripada menggunakan kain. Kamu perlu mengingat saat membersihkan amplifier, pastikan speaker sudah dalam keadaan mati.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat aksesoris audio mobil. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *