head unit mobil

Head Unit Mobil & Tips Mudah Merawatnya

Head unit mobil adalah sarana hiburan utama untuk pengendara mobil dan penumpang. Maka dari itu keberadaan head unit tersebut sudah pasti harus kamu rawat sebaik mungkin agar awet dan nggak mudah rusak. Berikut adalah beberapa tips mudah merawat head unit mobil.

  1. Menghindari CD Bajakan

Menggunakan CD bajakan artinya kualitas dari CD tersebut juga rendah kalau kamu membandingkannya dengan yang asli. Ketika akan memasukkan CD, terlebih dahulu bersihkanlah CD tersebut. Kalau ada baret maupun goresan yang lumayan banyak, sebaiknya kamu nggak menggunakan CD itu lagi karena bisa merusak optik head unit untuk membaca CD.

  • Matikan Mesin Setelah Head Unit Off

Selain cara di atas, kamu juga bisa membiasakan hal sederhana ini untuk menghindari kerusakan pada head unit, ketika head unit dalam keadaan off, sebaiknya kamu mulai mematikan mesin. Hal ini perlu kamu biasakan agar head unit milik mobilmu tidak cepat rusak dan bisa tetap awet.

  • Memastikan Kondisi Aki

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar head unit milikmu tetap awet adalah dengan memastikan kondisi aki. Kondisi aki yang kurang baik akan menjadikan pasokan listrik ke head unit ataupun ke komponen elektronik lainnya menjadi nggak stabil. Arus listrik yang nggak stabil ini dapat berpotensi merusak peralatan elektronik, termasuk head unit.

  • Gunakan Remote Control

Remote control selain akan memudahkan kamu untuk mengatur head unit, penggunaan remote control ini juga bisa berperan untuk menjaga supaya head unit semakin awet. Kamu harus memaksimalkan remote control demi mengurangi sentuhan jari yang berlebihan pada layar, terutama kalau jarimu kotor. Layar yang kotor tersebut juga harus kamu perhatikan kebersihannya. Bersihkan layar dengan tisu basah agar tetap terjaga kebersihannya.

  • Menjaga Kebersihan Kabin dan Dashboard

Kamu harus senantiasa menjaga kebersihan kabin mobil, hal ini gak selalu untuk kesehatan, tetapi juga untuk menjadikan head unit milikmu tetap awet, terhindar dari debu. Debu-debu yang menumpuk tersebut masuk setiap kali kamu membuka pintu mobil. Kalau kondisi kabin bersih, hal ini bisa mengurangi debu-debu yang berterbangan. Hal ini menjadikan layar tetap bersih dan dapat mengurangi debu-debu masuk ke dalam head unit. Demi menjaganya kamu harus rajin membersihkan karpet mobil. Jangan biarkan karpet mobilmu dipenuhi debu. Kamu bisa menggunakan vacuum cleaner saat membersihkan karpet mobil agar lebih mudah dan praktis. Selain kabin, kamu juga harus membersihkan dashboard mobil untuk menjaga dari paparan debu.

  • Menghindari Benturan Keras

Tips lain yang bisa kamu lakukan adalah mengemudi dengan hati-hati dan menghindari guncangan, karena benturan yang keras dapat mempengaruhi ketahanan head unit milikmu. Kamu ketika mengemudi bisa mulai menghindari jalanan yang berlubang. Kamu juga menghindari polisi tidur dengan cara mengurangi kecepatan. Benturan-benturan tersebut akan membawa dampak juga bisa merusak head unit mobilmu. Meskipun komponen ini sudah dilengkapi dengan adanya shock resistance, ketika pemasangan pastikan bahwa installer maupun bracket terpasang dengan benar.

  • Memastikan Kondisi Aki

Kondisi aki yang nggak bagus bisa menyebabkan pasokan listrik yang menuju ke head unit atau komponen elektronik yang semakin nggak stabil. Kamu tentu sudah mengetahui kalau arus listrik yang nggak stabil ini nantinya bisa menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik pada mobilmu.

Nah, itulah beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan demi menjaga head unit mobil milikmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *