amplifier mobil

Amplifier Mobil Serta Langkah Membersihkannya

Kamu perlu merawat amplifier mobil supaya kualitas suaranya senantiasa terjaga. Selain itu, pasti nggak sedap dipandang jika amplifier kamu di dalam mobil kelihatan berdebu. Namun, terkadang memang tidak mudah membersihkan debu yang membandel tersebut. Padahal, adanya debu di sekitar power amplifier tersebut bisa mempengaruhi sampai membuat performanya menurun. Maka dari itu, kamu perlu merawat amplifier dengan cara membersihkannya sampai bersih betul.

Amplifier tersebut perlu dibersihkan secara merata. Kamu pun perlu membersihkannya sampai ke bagian power-nya. Nah, untuk membersihkan amplifier maka kamu harus tahu caranya yang benar. Jadi, hindari melakukannya dengan sembarangan. Sebab, jika terjadi kekeliruan bisa saja ini malah merusak perangkat. Oleh karena itu, mari kita simak cara yang tepat untuk membersihkan amplifier.

  1. Menggunakan Kuas Halus

Pertama, untuk membersihkan amplifier maka kamu bisa menggunakan kuas yang halus. Kuas jenis ini terbuat dari material yang halus sehingga dapat kamu gunakan untuk membersihkan power amplifier yang kamu punya. Menggunakan kuas tersebut dapat membantumu membersihkan perangkat amplifier dengan benar-benar merata hingga bersih. Ada kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan memakai kuas halus ini.

Kuas halus memiliki kelebihan yakni bisa membersihkan bagian-bagian amplifier yang biasanya sulit dijangkau, ketika kamu menggunakan alat pembersih yang lain. Makanya, dengan memakai kuas halus ini maka amplifier-mu bisa bersih maksimal. Sebelum menggunakan kuasnya, pastikan juga kalau pada kuas tersebut tidak ada material yang kasar. Sebab, ini bisa merusak bagian amplifier kamu.

  • Menggunakan Kain Pembersih Khusus

Untuk cara yang kedua adalah dengan menggunakan kain khusus yang dapat membersihkan amplifier. Umumnya ini berupa kain yang memang dirancang dengan material khusus, dengan tekstur halus dan lembut. Jadi, berbeda dengan kain pada umumnya. Ingat juga, saat kamu membersihkan amplifier maka hindari memakai kain yang basah. Ini bisa berisiko perangkatmu kemasukan air sehingga bisa memicu kerusakan. Pakailah kain lap yang halus, lembut, bersih dan kering.

Kemudian, saat kamu menggunakan kain, kamu pun perlu berhati-hati serta pelan-pelan ketika membersihkan amplifier. Ini karena tekanan benda keras bisa menyebabkan kerusakan pada amplifier yang bahannya tipis serta mudah bocor kalau ditekan terlalu kuat. Jadi, pelan-pelan saja saat kamu membersihkan amplifier dengan menggunakan kain. Hindari juga menggunakan alat bantu dengan tekstur yang keras saat membersihkannya dengan kain.

  • Menggunakan Vacuum Cleaner

Opsi terakhir adalah menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan amplifier. Banyak yang menggunakan cara ini karena dianggap paling efektif dalam membersihkan debu, yang menutupi sirkulasi udara pada power amplifier-mu. Vacuum cleaner yang ideal kamu gunakan adalah yang berukuran kecil dan portable. Alat pembersih ini bisa mengangkat semua debu sampai benar-benar bersih tidak tersisa.

Sedikit hal yang perlu kamu perhatikan yakni lakukan pembersihan secara merata. Bersihkan dengan pelan-pelan juga sehingga tidak membuat power amplifier rusak. Kelebihan lain dari vacuum cleaner adalah lebih aman untuk digunakan membersihkan amplifier. Dibandingkan lap biasa, vacuum cleaner yang tidak bersentuhan langsung dengan amplifier membuatnya aman banget untuk kamu gunakan.

Demikianlah cara merawat amplifier mobil yang tepat. Terutama, cara untuk membersihkannya agar selalu berfungsi dengan optimal, serta menyenangkan saat dilihat. Bersihkan power amplifier-mu secara rutin agar debunya tidak sampai menumpuk hingga susah dibersihkan. Kamu bebas menggunakan alat pembersih mana saja yang ada di rumah. Pastikan kamu nyaman menggunakannya untuk membersihkan amplifier secara ampuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *