peralatan keamanan mobil

Perkakas Mobil Milikmu Agar Tidak Mudah Rusak

Mobil memang harus diperhatikan dan dirawat secara berkala. Apalagi mobil mempunyai banyak sekalia bagian dan komponen terpisah. Dengan memperhatikan dan merawat bagian-bagian mobilmu, kamu bisa menjaga agar mobil tetap awet dan terawat. Namun yang perlu kamu ingat, kamu juga harus merawat semua barang yang kamu bawa di dalam mobilmu. Contohnya seperti perkakas mobil.

Semua perkakas mobil yang kamu di dalam mobilmu ada kalanya harus kamu cek dan rawat agar tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jangan melupakan perkakas pada mobilmu walau jarang sekali digunakan. Hal ini dikarenakan kamu tidak akan tahu kapan kamu akan membutuhkan mereka. Maka dari itu, merawat perkakas yang ada di dalam mobilmu tidak akan merugikanmu. Untuk tahu cara merawat perkakas pada mobil, kamu bisa cek tulisan di bawah ini.

3 Tips Merawat Perkakas Mobil Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Cara untuk merawat perkakas pada mobil tidaklah sulit. Kamu bisa melakukannya dengan alat dan bahan yang mudah ditemukan dan pastinya tidak mahal. Kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Untuk tahu cara merawat perkakas pada mobil, cek tiga tips berikut ini.

  • Bersihkan Perkakas Secara Berkala

Hal pertama yang pastinya harus kamu lakukan adalah membersihkan perkakas pada mobilmu secara berkala. Apalagi kalau perkakasmu ini jarang sekali digunakan. Seperti yang sudah diberitahu sebelumnya bahwa kamu harus tetap memperhatikan perkakas di mobilmu walau jarang digunakan. Hal ini dikarenakan kamu tidak tahu kapan kamu akan membutuhkan perkakas ini.

Kamu pasti tidak mau perkakas itu malah tidak bisa digunakan saat kamu membutuhkannya bukan? Jadi kalau kamu ada waktu, keluarkan perkakas di dalam mobilmu dan bersihkan dengan menggunakan lap atau kain kering. Jangan sampai ada kotoran yang menempel karena bisa menjadi kerak pada perkakasmu.

  • Simpan Pada Satu Tempat Yang Kering

Setelah kamu membersihkan setiap perkakas yang ada di dalam mobilmu, kamu harus menyimpannya pada satu tempat yang kering. Perkakas yang hadir dalam satu set biasanya memang sudah mempunyai tempat penyimpanan sendiri. Namun kalau perkakas milikmu tidak hadir dalam satu set setidaknya kamu harus menyediakan tempat penyimpanan.

Tempat penyimpanan tersebut bisa berupa tool box plastik atau besi yang bisa memuat semua perkakasmu. Dengan begitu perkakasmu bisa tersimpan dengan rapi dan terhindar dari kotoran yang ada di luar. Selain itu perkakasmu juga akan aman dari air yang bisa menyebabkan karat. Jadi pastikan untuk menyimpan semua perkakasmu dalam satu tempat agar tidak terpisah dan tetap aman.

  • Bersihkan Karat Kalau Ada

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan karat kalau ada karat pada perkakasmu. Peralatan tukang atau perkakas ini biasanya terbuat dari besi atau baja. Maka tidak heran kalau seiring waktu penggunaan, perkakas akan mulai berkarat. Hal ini merupakan hal yang wajar karena dalam proses penggunaan perkakas terkena segala macam partikel termasuk air salah satunya. Air inilah yang bisa membuat perkakasmu akhirnya berkarat.

Namun kamu tidak perlu khawatir. Sebelum karat menyebar luas dan merusak perkakasmu, kamu bisa menggunakan penghilang karat. Gunakan produk penghilang karat seperti Rexco 50, WD-40, Brasso, atau produk serupa. Gunakan lap kalau karat tidak parah atau gunakan sikat kawat kalau karat mulai berkerak dan keras.

Itulah 3 rips merawat perkakas mobil yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga membantu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *