peralatan darurat mobil

Peralatan Darurat Mobil Kamu Agar Selalu Awet

Peralatan darurat mobil menjadi barang yang penting dan harus selalu ada di mobil kamu. Hal ini dikarenakan kamu bisa saja mengalami hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara. Hal tersebut bisa seperti mobil mogok, ban bocor, dan lain sebagainya. Dengan membawa peralatan darurat ini, kamu akan bisa mengatasi keadaan tersebut dengan lebih mudah. Apalagi kalau di sekitarmu saat itu tidak terdapat bengkel dan semacamnya.

Pasti akan sangat menyusahkan sekali bukan? Nah kalau kamu sudah mempunyai berbagai peralatan darurat yang dibutuhkan, itu merupakan langkah yang baik. Berarti kamu adalah seseorang yang mengutamakan keselamatan dan berpikir panjang. Namun peralatan darurat yang kamu bawa di mobilmu itu harus tetap dirawat dan dijaga agar tetap awet. Walau sekalipun kamu jarang menggunakannya. Untuk tahu soal cara merawat peralatan darurat di mobil kamu, kamu bisa cek tulisan di bawah ini.

3 Tips Merawat Peralatan Darurat Mobil Yang Harus Kamu Ketahui!

Terdapat berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat peralatan darurat kamu. Umumnya cara merawat peralatan darurat dengan peralatan lain sama saja. Namun di sini kamu akan diberikan tips secara spesifik agar lebih memudahkanmu.

1. Cek Kondisi dan Tekanan Ban Cadangan

Ban cadangan merupakan salah satu peralatan darurat yang harus ada di mobil kamu. Namun ban cadangan ini seringkali diabaikan karena jarang digunakan. Padahal kamu tidak tahu kapan kamu membutuhkan ban cadangan ini. Bisa saja sewaktu-waktu ban mobil bocor dan kamu membutuhkan ban cadangan.

Maka dari itu sebagai pemilik mobil yang baik kamu harus selalu memperhatikan dan mengecek kondisi serta tekanan ban cadangan mobil. Dengan begitu ban cadangan bisa siap digunakan pada saat-saat tertentu.

2. Simpan Kunci-Kuncian dan Obeng Di Satu Tempat Tertutup

Hal kedua yang bisa kamu lakukan adalah menyimpan kunci-kunci dan obeng dalam satu tempat yang tertutup. Kunci-kuncian dan obeng termasuk ke dalam peralatan darurat yang pastinya harus ada di mobil kamu. Namun kamu tidak bisa meletakkan kunci-kuncian ini begitu saja. Hal ini dikarenakan kunci-kuncian dan obeng ini merupakan barang-barang kecil yang rentan hilang.

Maka dari itu kamu harus menyiapkan suatu tempat yang muat menyimpan semua barang ini misalnya tool box. Tools box bisa saja dari plastik atau besi yang penting tertutup. Hal ini dilakukan juga untuk menghindari air atau partikel lain masuk sehingga bisa membuat peralatan kotor atau berkarat. Jadi pastikan kamu menyimpan semua peralatan darurat dengan benar ya!

3. Bersihkan Semua Peralatan Secara Berkala

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan semua peralatan darurat milikmu secara berkala. Hal ini dilakukan agar peralatan darurat milikmu tetap awet dan tidak rusak. Apalagi kalau kamu jarang sekali menggunakannya. Peralatan darurat yang jarang digunakan biasanya akan tergeletak begitu saja di dalam mobil dan tidak terlalu dihiraukan.

Jangan sampai hal seperti ini terjadi ya! Walaupun kamu jarang menggunakan peralatan darurat milikmu, kamu tetap harus mengecek, membersihkan, serta merawatnya. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara membersihkan tempat penyimpanannya, membersihkan satu persatu alatnya dengan kain lap bersih, dan menyimpannya kembali ke dalam tempatnya. Kalau kamu menemukan karat, pastikan untuk langsung menghilangkan karat tersebut agar tidak berkerak dan menumpuk ya!

Mudah sekali bukan tipsnya? Pastikan untuk mengikuti seluruh tips agar peralatan darurat milikmu tetap awet!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *