pelumas mobil

Pelumas Mobil yang Tepat & Cara Menggantinya

Ada tips merawat dan mengganti pelumas mobil untuk kamu yang masih awam. Belum terbiasa mengganti pelumas pada mobil tidak lagi jadi masalah yang menghantui jika kamu sudah tahu apa saja tipsnya. 

Mengingat ganti oli mobil adalah apa yang dibutuhkan, sesegera mungkin kamu akan mengetahui bagaimana cara menggantinya. Namun meski begitu, kamu tetap juga bisa mengantarkan mobil ke bengkel untuk melakukan penggantian ini. sebelumnya, simak dulu apa saja tips untuk merawat atau menyimpan dan menggantinya. 

  1. Pastikan Untuk Tidak Menggunakan Sisa Oli Untuk Melumasi Bagian Lain 

Terkadang kamu melihat ada orang yang memanfaatkan sisa pelumas mobil untuk merawat komponen lain, entah itu sesama mobil atau kendaraan lain. Yang paling sering dijumpai adalah untuk menjadikan sisa oli sebagai pelumas pada rantai. 

Sebaiknya kamu tidak meniru hal ini, sebab memang tidak disarankan. Sisa oli, baik yang masih baru atau yang sudah digunakan membutuhkan perlakuan yang berbeda. bagaimana perbedaannya bisa kamu simak di poin selanjutnya, namun pastikan untuk tidak menggunakannya sebagai pelumas di bagian lain. 

  1. Mengganti Oli Dengan Intensitas yang Disarankan 

Tips merawat oli yang sudah ada pada mobil adalah untuk tahu kapan harus menggantinya. Untuk skala mobil, kamu bisa melakukan penggantian oli setiap 2 bulan sekali. Kamu juga bisa menggunakan meter perjalanan sebagai patokan, yaitu dengan mengganti setiap 2500 sampai 3000 meter perjalanan. 

Jika kamu tahu kapan oli harus diganti, maka akan ada bagian-bagian dari filter oli yang lebih awet. Tak hanya itu saja, tujuan oli sebagai komponen yang mencintai mesin mobil pun juga bisa terpenuhi. 

  1. Menaruh Pelumas Mobil  di Tempat Sejuk 

Tips untuk merawat pelumas kendaraan yang selanjutnya adalah untuk menaruh di tempat sejuk. Pastikan untuk tidak menaruh dekat dengan sumber panas atau posisi yang terkena matahari langsung supaya molekul di dalamnya akan memiliki kualitas yang terus bagus. 

Apalagi jika produk oli yang kamu pilih telah diformulasikan dengan suatu teknologi, pasti akan membutuhkan perlakuan yang baik supaya tetap efektif fungsinya saat dipakai. 

  1. Memilih Oli Sesuai Spesifikasi 

Setiap pelumas mobil memiliki spesifikasi tertentu dan tugasmu adalah untuk memilih mana yang paling sesuai dengan mesin kamu. Jika sebelumnya kamu tak terbiasa beli pelumas sendiri, maka suatu saat nanti sebaiknya luangkan waktu sebentar untuk menyimak spesifikasi produk oli satu per satu supaya tahu mana yang paling pas untuk mobil kamu. 

  1. Mengetahui Bagaimana Cara Ganti Oli 

Tips tentang cara merawat oli kali ini adalah untuk tahu bagaimana cara paling tepat untuk melakukan penggantian oli. Boleh jadi selama ini kamu mengandalkan jasa bengkel untuk melakukannya, namun mungkin saja suatu saat nanti kamu harus melakukannya sendiri. Bukan jadi masalah lagi jika kamu sudah tahu bagaimana caranya. 

Ketika kamu mengganti pelumas dengan cara yang tepat, maka fungsi oli ini akan sebagaimana mestinya. Teknologi dan kelebihan dari yang ditawarkan perusahaan yang memproduksinya bisa didapatkan. Bisa dicari bagaimana cara menggantinya dengan bertanya ke seseorang atau cari infonya di internet. 

Mengetahui apa saja tips merawat dan mengganti pelumas mobil  akan membantu kamu banyak hal. Kamu jadi tahu perlakuan seperti apa yang dibutuhkan sebuah pelumas supaya ketahanannya baik. Tahu tips mengganti oli mobil juga akan memaksimalkan fungsinya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *